Menu

Thursday, March 6, 2014

PULAU MATAN, PULAU INDAH DAN TAK BERPENGHUNI DI SORONG

1.Pulau Matan, Pulau Indah dan Tak Berpenghuni di Sorong.2 Cropped
Kota Sorong adalah gerbang masuk untuk menikmati keindahan tanah Papua yang identik dengan pantai dan gugusan kepulauan. Salah satu pulau yang menawarkan panorama indah adalah Pulau Matan. Di pulau ini Anda dapat menikmati suasana yang tenang dengan air laut yang jernih dan hamparan pasir yang lembut.

Transportasi

Matan adalah salah satu pulau kecil yang termasuk di dalam kepulauan Sorong. Jaraknya cukup dekat dengan Raja Ampat. Jika dari Raja Ampat memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 – 2 jam menggunakan speed boat. Sementara itu waktu perjalanan dari Sorong menuju ke Matan sekitar 40 menit sampai 1 jam.
Untuk mulai perjalanan menuju ke Pulau Matan, Anda dapat menuju pelabuhan Sorong menggunakan transportasi darat berupa speed boat atau menyewa kapal. Untuk menuju pelabuhan, Anda dapat menggunakan kendaraan umum.
Anda dapat naik angkutan kota yang dikenal dengan taksi oleh masyarakat, naik bus, atau naik ojek motor bila ingin lebih cepat sampai. Ongkos perjalanan ini tergantung dari jenis kendaraan dan jarak tempuh yang dilalui. Atau, Anda dapat menyewa kendaraan dari Sorong.
Bila Anda sudah sampai di pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan alat transportasi laut. Ongkos sewa speed boat atau kapal dapat dinegosiasikan dengan pemilik kapal. Jika kondisi laut sedang tenang, Anda dapat mencapai Matan hanya dalam waktu 20 menit.
paket wisata, pulau mantan, pulau indah, papua, sorong

Wisata

Matan adalah sebuah kecil yang menawarkan suasana tenang. Pasalnya pulau ini tida berpenghuni. Walaupun di sini Anda dapat menemukan gubuk nelayan, tetapi gubuk ini tidak dihuni sehingga Anda dapat menjadikan gubuk ini sebagai tempat untuk bersantai.
Bersantai di tepi pantai adalah hal yang menyenangkan saat berada di pulau ini, apalagi dengan banyaknya pepohonan di tepi pantai sehingga membuat suasana lebih rindang dan sejuk. Salah satu daya tarik dari Pulau Matan adalah hamparan air lautnya yang bersih dan jernih dengan warna biru kehijauan. Dengan kondisi air laut yang jenih, Anda dapat melihat keindahan bawah lautnya dari permukaan. Keindahan alam bawah laut ini pun mengundang banyak penyelam untuk diving di sekitar pulau ini.
Bagi Anda yang belum bisa diving, Anda dapat menikmati keindahan bawah laut pulau ini dengan snorkeling jika belum puas melihatnya dari atas. Kekayaan laut pulau ini masih sangat terjaga sehingga terumbu karang di sini terlihat masih cantik. Keanekaragaman ikan dan biota laut juga menambah kecantikan bawah laut pulau ini.
Selain lautnya, pasir putih yang membentang di pulau ini sangat halus dan bersih sehingga memberikan kenyamanan tersendiri. Anda juga dapat berkeliling pulau ini menggunakan perahu nelayan maupun menggunakan boat yang disewa untuk sampai di pulau ini.
Aktivitas lain yang dapat dilakukan di sini adalah memancing. Bagi Anda yang gemar memancing, jangan lupa membawa peralatan memancing untuk menangkap ikan di sekitar pulau ini.
paket wisata, pulau mantan, pulau indah, papua, sorong

Previous Post
Next Post