Monday, February 9, 2015

Belajar SEO


SEO (Search Engine Optimation) adalah sebuah cara untuk meningkatkan dan mempromosikan website untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang didapatkan dari hasil pencarian search engine (mesin pencari) seperti Google, Yahoo!, dan lain-lain.
Ada beberapa aspek yang mempengaruhi SEO, mulai dari pilihan kata hingga tautan lain yang menuju website Anda. Sederhananya, SEO bisa dianggap sebagai cara untuk membuat struktur website Anda mudah dipahami oleh search engine (mesin pencari).
Prakteknya, SEO bukan hanya berkaitan dengan membuat website yang search-engine friendly, namun juga berkaitan dengan membuat website Anda disukai pengguna internet. Dalam artikel ini, kita akan belajar SEO untuk meningkatkan peringkat website Anda.

MENGAPA WEBSITE ANDA BUTUH SEO?

pemasaran website
Mayoritas trafik website dihasilkan oleh mesin pencari besar seperti GoogleBing, dan Yahoo! Meskipun media sosial bisa meningkatkan kunjungan ke website Anda, tapi search engine tetap menjadi metode navigasi utama yang digunakan oleh pengguna internet.
Search engine memiliki keunikan karena mereka bisa menghasilkan trafik sesuai target, yaitu orang yang benar-benar mencari apa yang Anda tawarkan.
Oleh karena itu, jika search engine tidak bisa menemukan website Anda atau tidak bisa menambahkan konten Anda ke database mereka, maka Anda akan kehilangan kesempatan emas mendapatkan trafik pengunjung ke website Anda!
Para ahli Google telah memberikan beberapa tips untuk meningkatkan peringkat website Anda di search engine mereka, seperti di bawah ini:
  1. Buatlah situs yang menarik untuk pengguna internetbukan untuk search engine. Jangan menipu pengunjung website Anda dengan menampilkan konten yang berbeda dari yang ada di hasil pencarian search engine, yang biasa disebut sebagai cloaking.
  2. Buatlah sebuah situs dengan susunan yang jelas dan mengandung links(tautan). Setiap halaman harus bisa diakses dari setidaknya satu teks tautan statis.
  3. Buatlah sebuah situs yang kaya informasi, tulislah konten-konten dengan jelas dan berikan deskripsi yang jelas mengenai konten Anda. Pastikan elemen judul <title> dan atribut ALT deskriptif dan akurat.
  4. Gunakan kata kunci untuk membuat URL yang deskriptif dan ramah pengguna. Sediakan satu versi URL untuk menuju sebuah dokumen. Gunakan 301 redirects atau rel-“canonical” elemen untuk mengarahkan ke konten duplikat.
Previous Post
Next Post